Sunday, May 8, 2011

DRILL DMC-RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Pelatihan ini diadakan dengan latar belangkang tingginya tingkat kematian dan kecacatan akibat kegawat daruratan (emergency case) pada kejadian kecelakaan transportasi, industri, rumah tangga, gejolak social(terorisme,konflik kejahatan,dan kekerasan) dan bencana yang tidak henti hentinya menerjang Negara kita.Selain kegawatdaruratan medis seperti penyakit jantung,hipertensi, dan stroke masih menduduki peringkat 5 besar sebagai penyebab kematian penduduk Indonesia saat ini.penyebab tingginya angka kematian dan kecacatan tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan pada penanganan awal kegawatandaruratan, kurang memadai peralatan, system yang belum memadai . Pengetahuan penanganan penanggulangan penderita gawat darurat memegang porsi besar dalam menentukan keberhasilan dalam member pertolongan .Banyak kejadian penderita gawat darurat yang justru meninggal dunia atau mengalami kecacatan akibat kesalahan dalam melakukan pertolongan.
 Pernahkah kita melihat atau mendengar peristiwa alam yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan menelan korban jiwa……? Ketika kita berdiri dan melihat indahnya alam pengunungan yang dalam waktu sekejap hangus oleh  banjir lahar dan asap vulkanik. Atau disaat kita sedang menjalankan akitivitas tiba tiba tergunjang oleh ledakan bom , gempa bumi, tsunami disaat itu manusia sibuk mencari perlindungan  dan pertolongan, menahan rasa sakit dan penderitaan akibat kehilangan keluarga….!
Dapat anda bayangkan ketika bencana terjadi dan disaat kita ingin menolong tapi tidak tahu harus bagaimana dan berbuat apa!... terhambat oleh sistenm penanggulanagan yang tidak terkoordinasi dengan baik! Mari kita benahi dengan bergabung di “MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER (MDMC)”  melalui DISASTER MEDICAL COMMITTE Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan….jadilah “Disaster team”

No comments:

Post a Comment