Wednesday, April 26, 2017

"Api membumi-hanguskan RSML , upaya penyelamatan berhasil"

Rumah sakit muhammadiyah Lamongan terbakar. Pukul 09:00 WIB lantai tiga rumah sakit muhammadiyah Lamongan mengepul asap, lalu lalang orang berhamburan keluar dari gedung, terutama pengunjung dan keluarga pasen yang dirawat di sana. Sebenarnya kejadian ini sudah diketahui sejak dini oleh petugas Rumah Sakit, dan berusaha memadamkan api dengan APAR (alat pemadam api ringa) serta menyemprotnya dengan air yang telah di sediakan di setiap lantai pada instalasi Hidrant. Namun api terus membesar, dan asap terus mengepul tebal.
Setelah diketahuo bahwa kebakaran itu sangat besar maka Rumah sakit mengaktifkan system bencana. System yang telah di bangun sejak tahun 2011 sebagai rumah sakit aman bencana kembali dipakai, seluruh personil yang terlibat secara singkat mengambil langkah strategis, unutk menaggulangi bencana. Mulai dari menghubungi polisi, PMK, BPBD dan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Kemudian secara serentak seluruh elemen rumah sakit dipersiapkan untuk bahu membahu melakukan evakuasi pada pasien yang tidak bisa berjalan. Penyelamatan di lakukan melalui tangga darurat gedung, dan sebagian lagi melalui tali-tali yang dipasang di tembok untuk di panjat oleh pemanjat tebing.
Keruwetan semakin menjadi, sebelum api berhasil dipadamkan ternyata ada kecelakan bus di sekitar wilayah Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Hal ini tentu menjadi permasalahan yang sangat besar, karena Rumah sakit harus diserbu dengan puluhan korban lalu lintas. Korban tercecer dimana-mana hingga lorong-lorong rumah sakit muahmmadiyah lamongan berubah fugsi menjadi ruang perawatan.
Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan Sebagai Rumah Sakit Aman Bencana, membuktikan kepada seluruh dunia. Bahwa mereka menjalankan fungsi utamanya sebagai pelayan kesehatan pada saat terjadi bencana, baik bencana internal maupun eksternal. Simulasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih para pegawai Rumah Sakit ketika terjadi bencana. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017 mulai pukul 09:00 – 13:00 WIB. Bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional HKBN. Sudah selayaknya Rumah Sakit memiliki system penanggulangan bencana seperti ini, apabila benar-benar terjadi bencana mereka harus siap untuk tetap menjalankan fungsinya sebagai pelayan public dalam hal kesehatan.

No comments:

Post a Comment