Sunday, August 4, 2019

Latihan Editing Video, untuk pendidikan masyarakat secara masif

DMC rumah sakit Muhammadiyah Lamongan telah berubah menjadi sebuah organisasi besar, berbagai jenis pelatihan terus diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dari
anggotanya. Tidak hanya dalam masalah kebencanaan dan kegawatdaruratan, tetapi merambah ke bagian lain. Satu diantaranya adalah dengan menyelenggarakan pelatihan editing video yang dilaksanakan pada Ahad, 04 Agustus 2019 secara mandiri dan dengan instruktur intern. Anggota yang berminat dalam acara ini berjumlah 8 orang baik dari angkatan awal, pertangahan maupun yang paling kecil atau junior.
Minat peserta terhadap pembuatan video banyak dari devisi Humas DMC RSML, karena terkait dengan tugas mereka sebagai penyambung lidah kepada masyarakat. Tetapi dari devisi lain pun tidak dilarang apabila ingin belajar. Memang DMC RSML beberapa bulan ini sedang sibuk dengan pergeseran kebudayaan masyarakat kepada teknologi, serta menjawab tantangan di era sosial media, sehingga diharapkan mampu memberikan edukasi yang banyak terhadap masyarakat luas melalui pendidikan visual sehingga bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal itu senada dengan semangat PKO yang tetap digaungkan sejak pertama kali Muhammadiyah terbentuk.
Acara ini awalnya hanya satu pertemuan saja, tetapi karena banyakya ilmu dan kajian akhirnya diperpanjang hingga beberapa kali pertemuan. Hal tersebut diucapkan diungkapkan secara heroik oleh Syafi’i Abdul Karim sebagai mentornya mentor, dan tutornya tutor yang ahli dalam bidang pembuatan video
Beberapa video telah diunggah melalui akun YouTube resmi DMC rumah sakit Muhammadiyah Lamongan, di sana ada beberapa kegiatan-kegiatan mulai dari pelatihan yang bersifat profesional untuk perawat, dokter, RS, dan kepada masyarakat awam saat membantu pelaksanaan kegiatan bersama polisi, BPBD, Dinas Kesehatan dan lain sebagainya.
Pada pertemuan ini dibahas beberapa dasar editing video, yaitu tentang bagaimana cara membuat video melalui HP, bagaimana cara memotong video, bagaimana memberikan efek-efek stiker, bagaimana menambahkan teks, bagaimana cara membalik video, dan lain sebagainya. Latihan ini interaktif karena langsung dipraktekkan bersama, sehingga ketika selesai pelatihan beberapa anggota telah menyelesaikan sebuah video dan kemudian diunggah di sosial media sebagai bukti bahwa DMC RSML telah melakukan pelatihan video.

No comments:

Post a Comment